Posted by : ipank Moch Saturday, March 15, 2014

Hai Teman Teman Blogger, saya disini menampilkan Kabar Kabar terbaru yang baru saja ini di liput langsung dari PASKOBAN ( Pasar Komik Bandung 2014 ) , yang tepatnya berada di Braga Citiwalk Bandung pada tanggal 15-16 Maret 2014....

Pada awalnya saya berniat kesana untuk melihat lihat dan mendapat pengalaman baru disana.... disana saya mendapat pengetahuan yang banyak, di mulau dari sejarah komik pertama di Indonesia dan sebagainya 
1.       Latar Belakang
Sejak pertama kali dicanangkan pada tahun 2005,  industri kreatif berbasis media seperti komik, animasi, dan game berkembang dengan sangat pesat di Indonesia. Para praktisi dan peminatnya yang mencakup segala rentang usia, kini tidak hanya hadir sekedar sebagai penikmat namun juga sebagai pencipta atau kreator. Hal ini dibuktikan dengan adanya berbagai perhelatan besar di tanah air seperti Cergambore, Mangafest, Popcon Asia, Anime Festival Asia (AFA) , Hellofest, Comifuro (Comic Frontier), dan tentu saja 2 perhelatan akbar di akhir tahun 2013: Kompetisi Komik Indonesia dan Kompetisi Penciptaan Karakter Lokal Indonesia yang disponsori oleh Kementrian Pariwisata dan Industri Kreatif. Perhelatan-perhelatan tersebut menjadi ajang bagi para kreator, penikmat, akademisi, pemerhati, dan masyarakat umum untuk dapat saling bertemu, bertukar ide dan pemikiran, bersilaturahmi  dan menjadi lebih mengenal industri kreatif Indonesia, khususnya komik.
Bandung sebagai salah satu kota kreatif dalam bidang seni visual khususnya komik, memiliki banyak bakat yang tersebar dan potensial untuk dikembangkan. Hal ini seiring dengan mulai bangkitnya industri komik Indonesia. Namun demikian, dalam perjalanannya masih ada beberapa tantangan yang harus dihadapi,  antara lain:
  • Daya serap penerbit di Indonesia untuk mempublikasikan karya-karya mereka masih terbatas.
  • Masih kurangnya kepercayaan diri dari pihak industri (khususnya penerbit) dalam menerbitkan karya komikus lokal.
  • Persentase komik impor yang jauh lebih banyak dibanding komik lokal secara kuantitas, padahal daya konsumsi membaca komik cukup tinggi.
Sebagai bagian dari pergerakan komik Indonesia secara keseluruhan,komik.bdg bersama dengan komunitas komik Bandung KOMIKARAmencoba memfasilitasi para komikus Indonesia dengan sebuah konsep eksibisi yang berkonsep sebagai pusat jual-beli yang dinamakan PASAR KOMIK BANDUNG. Pasar Komik Bandung ini merupakan event ketiga, setelah dua sebelumnya diadakan pada tahun 2009 dan 2010 oleh komunitas komik Komikara. Diharapkan, event berbasis komunitas kreatif ini bisa berkala dalam penyelenggaraannya.
Dengan turut diundangnya komikus-komikus dari luar Bandung,acara ini diproyeksikan untuk dapat membantu para komikus untuk menunjukkan potensi mereka kepada elemen industri, baik itu dari penerbit, pembaca, hingga sesama teman penggiat seni visual ini.

2.       TUJUAN
  • Mewadahi ekspresi kreativitas para komikus di tanah air, khususnya generasi muda.
  • Mengukuhkan kedudukan kota Bandung sebagai salah satu kota kreatif di Indonesia dengan kegiatan yang kondusif terhadap daya tarik wisata kota secara keseluruhan.
  • Menjadi ajang silaturahmi kreator, penikmat, akademisi, pemerhati, dan masyarakat umum untuk dapat saling bertemu, bertukar ide dan pemikiran agar lebih mengenal industri kreatif Indonesia, khususnya komik.

3.       SASARAN
Target primer acara ini adalah kreator, penikmat, akademisi, dan pemerhati komik, sementara target sekundernya adalah masyarakat umum dengan harapan komik Indonesia semakin eksis dan populer.

4.       WAKTU DAN TEMPAT
  • Nama Acara: Pasar Komik Bandung 2014
  • Waktu Pelaksanaan: Sabtu – Minggu, 15 – 16 Maret 2014 1000 WIB – 2200 WIB
  • Tempat Pelaksanaan: Ground Floor & First Floor, Braga City Walk, Bandung

5.       KONSEP ACARA
  • Fasilitas promosi yang terjangkau. Seperti kita ketahui bersama, gelaran yang diadakan untuk para penggiat komik memerlukan biaya yang tidak sedikit. Dalam event ini, panitia penyelenggara akan menerapkan sebuah konsep eksibisi yang mempunyai biaya yang fleksible dan bisa disesuaikan dengan kemampuan para peserta. Dimulai dari Rp. 150.000 per meja untuk dua hari, para peserta dapat memesan meja sesuai kebutuhan dari 55 meja yang tersedia. Dengan biaya yang relatif terjangkau ini maka para peserta bisa menekan beban produksi karya komik mereka, sehingga komik pun akan tersedia dengan harga yang lebih murah. 
  • Lokasi yang strategis dan mempunyai daya tarik untuk pengunjung.Acara ini akan diadakan di sebuah lokasi yang banyak dilalui pengunjung sebagai target audiens.Selain berada di tengah kota Bandung, Braga City Walk, yang terkenal sebagai salah satulandmarkkota Bandung akan menjadi tempat eksibisi ini. Hal ini sejalan dengan program wisata kota Bandung dan mengukuhkan eksistensi Bandung sebagai kota kreatif.
  • Memicu produktivitas yang konsisten. Dengan rencana diadakannya event ini sebanyak minimal 3 kali dalam setahun, diharapkan akan memicu produktivitas para penggiat komik di Indonesia. Karya yang muncul secara konsisten diharapkan mampu menambah rasa percaya diri kepada konsumen terhadap karya anak bangsa, dan membiasakan para kreator dengan etos kerja profesional guna membangun industri kreatif.
  • Simulasi industri dan tes pasar.Ditambah dengan beban promosi yang rendah diharapkan karya komik anak bangsa ini akan lebih sering terlihat dan terjangkau sehingga para calon konsumen akan berani mencoba mengapresiasi komik Indonesia. Dari hal ini umpan balik akan didapatkan oleh para komikus untuk bersama-sama membangun industri komik di  Indonesia.

6.       AGENDA KEGIATAN
  • Pasar Komik dan Eksibisi Komik. Sesuai dengan tema dan tujuan event, acara utama yang akan tampak dominan adalah terbentuknya sebuah ‘pasar’ yang mempertemukan khalayak pembaca dengan para penggiat komik dari mulai komikus individu, kelompok,bahkan penerbit. Target yang akan kami capai untuk jumlah peserta adalah 55 meja.
  • Talkshow, Sharing dan Coaching Clinic. Dalam rangka membangun bersama industri komik di Indonesia, maka acara informatif dan edukatif dalam bentuk berbagi ilmu selayaknya untuk diadakan.Talkshow, sharing,dan coaching clinic ini akan diberikan oleh para praktisi komik dari dalam maupun luar negeri, baik itu dari komikus, aktifis komunitas, peneliti maupun dari penerbit. Sifat edukasi yang non-formal ini dapat menjadi lebih efektif dan tepat sasaran, karena bersifat lebih terbuka dan cenderung dua arah. Hal ini akan menyebabkan transfer keilmuan akan lebih mengena, apalagi jika materi tersebut diberikan oleh praktisi dengan jam terbang tinggi dan kompeten di bidangnya.
  • Penghargaan karya komik. Untuk memicu produktivitas para penggiat karya komik lokal di Indonesia, maka akan diadakan sebuah event anugerah karya komik untuk para peserta Pasar Komik Bandung 3. Dengan berbagai macam kategori yang tepat sasaran, diharapkan dapat memberikan semangat berkarya untuk ke depannya dan komik karya anak bangsa dapat lebih banyak secara kuantitatif dan lebih baik secara kualitatif.
  • Launching dan review komik. Para peserta Pasar Komik Bandung 3, akan diberikan kesempatan untuk mengenalkan karya komik mereka. Hal ini relatif jarang dilakukan, apalagi jika komik tersebut diterbitkan sendiri dan atau oleh penerbit kecil.Acara ini akan memfasilitasi tantangan tersebut, sekaligus memperkenalkan kreator komik kepada publik.
7.       SUSUNAN ACARA (klik di sini)

8.       Sekretariat
·         Alamat        : Muffin Graphics, Jl. Cinambo No. 137 Cisaranten Wetan 
Ujung Berung, Bandung 40294
·         Telepon      : (022) 7834317
·         Fax                : (022) 7834316
·         Email           : pasarkomikbandung2014@gmail.com
·         Facebook   : htpps://www.facebook.com/pakoban2014
·         Twitter        : @pakoban2014
  
9.   PENUTUP
Semoga kegiatan ini dapat menjadi wahana untuk semakin menumbuhkembangkan atmosfir kreatif di Indonesia secara umum, dan kota Bandung secara khusus. Dengan berpartisipasi aktif dalam acara ini, diharapkan terjadi sinergi positif antara para kreator, penikmat, akademisi, pemerhati, dan masyarakat umum dengan tujuan bersama: memajukan komik Indonesia.


In tag : pasar komik 2014 , pasar komik 2014 Bandung , pasar komik 2014 , pasar komik di braga 2014 , komik 2014 , komik bandung 2014

Popular Post